Wujudkan Istri ASN Berdaya, DWP Gelar Seminar Ekonomi Kreatif

Berita, Kabupaten/Kota2066 Dilihat

SketsaIndonesia.co.id, Tangerang – Meningkatkan kreatifitas para istri Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mewujudkan perempuan yang berdaya, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Tangerang menggelar seminar “Pembekalan Ekonomi Kreatif Bagi Istri ASN”. Acara dilaksanakan di Aula Gedung Nyi Mas Melati, Senin (13/03/23).

“Hari ini, DWP melaksanakan Pembekalan Ekonomi Kreatif Bagi Istri ASN. Ini untuk mematahkan stigma juga bahwa kalau sudah menjadi istri ASN, tidak perlu mencari pendapatan lain. Kita para perempuan harus terus berpikir kreatif sehingga kita bisa berdaya. Minimal berdaya di keluarga sendiri,” ungkap Ketua DWP Kota Tangerang, Yayat Sugiarti Herman.

Dalam kegiatan ini, narasumber yang dihadirkan adalah Retno Wulan Ayodya Putri. Ia menyampaikan bagaimana mengenal konsep ekonomi kreatif secara umum dan bagaimana menggunakan konsep berpikir ekonomi kreatif dalam mengatur sistem keuangan di rumah tangga.

“Materi yang disampaikan hari ini adalah tentang konsep ekonomi kreatif secara umum dan bagaimana cara mengatur sistem keuangan dalam rumah tangga. Selain itu, juga bagaimana cara mendapatkan uang tambahan dengan konsep berpikir ekonomi kreatif,” jelas Retno.

Ia melanjutkan, salah satu unsur dalam ekonomi kreatif adalah unsur inovasi dan kreativitas. Inovasi ini salah satu keutamaannya adalah menyelesaikan berbagai masalah yang ada di sekitar, salah satunya adalah memanfaatkan pakaian bekas.

“Unsur ekonomi kreatif salah satunya adalah inovasi. Keutamaan inivasi ini untuk menangani berbagai masalah yang ada di sekitar. Beberapa di antaranya ada tingginya angka pengangguran, sampah dan sebagainya. Dengan inovasi, salah satunya kita dapat membuat sesuatu dari pakaian bekas misalnya menjadi tas. Lalu, kita jual dan ketika menjadi besar, kita bisa rekrut pegawai. Beberapa masalah di sekitar kita akhirnya teratasi,” lanjutnya.

Dengan kegiatan ini, diharapkan ekonomi kreatif dapat digunakan oleh banyak orang khususnya istri-istri ASN di Kota Tangerang.

“Di era yang serba cepat, banyak perubahan, dan ketidakpastian, harapannya konsep ekonomi kreatif ini dapat digunakan oleh banyak orang, khususnya para istri ASN di Kota Tangerang, untuk menciptakan berbagai macam solusi dari konsep berpikir ekonomi kreatif,” harap Retno.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *