Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM

Berita, Nasional693 Dilihat

SketsaIndonesia.co.id, Jakarta – Presiden Jokowi resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM bersubsidi.

Hal tersebut diketahui, dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu, 3 September 2022.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian,” kata Jokowi.

Jokowi menyampaikan, anggaran subsidi Pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari  Rp 152,5 triliun menjadi Rp 502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

“Mestinya uang pemerintah itu diberikan untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Subsidi harus menguntungkan masyarakat kurang mampu,” ujar Jokowi.

Sementara itu, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif merinci harga BBM yang naik.

“Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter, solar subsidi dari Rp 5.150 per liter jadi Rp 6.800 per liter, Pertamax nonsubsidi naik dari Rp 12.000 jadi Rp 14.500 per liter. Ini berlaku 1 jam sejak diumumkan, pada pukul 14.30 WIB,” kata Arifin Tasrif saat mendampingi Jokowi.

Kabar kenaikan harga BBM ini sudah santer sejak beberapa pekan terakhir, hingga sempat memicu perdebatan dan panic buying masyarakat di sejumlah daerah.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *