Bupati Serang Paparkan Program Prioritas APBD TA 2025

SketsaIndonesia.co.id, Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah memaparkan sebanyak 12 program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2025. Program prioritas disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Serang Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2025 di Gedung DPRD pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Tatu mengapresiasi pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Serang atas nota keuangan RAPBD Kabupaten Serang 2025 yang telah disampaikan pada 10 Oktober 2024, baik yang bersifat koreksi dan masukan maupun yang bersifat harapan. “Hal tersebut merupakan suatu dinamika dalam proses perencanaan penganggaran, untuk mencapai kinerja yang lebih baik,” ujarnya.

Tatu sependapat bahwa pemandangan umum fraksi-fraksi dalam penyusunan dan pembahasan Rancangan APBD harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis, dan tepat sasaran. Kemudian harus mencerminkan respons pemerintah daerah terhadap kebutuhan prioritas masyarakat dan memiliki kapasitas untuk menyelesaikan sebagian besar problem masyarakat.

“Diharapkan berbagai program dan kegiatan yang tercantum dalam APBD Tahun 2025 dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Serang,” katanya.

Adapun program prioritas yang akan dilaksanakan Pemkab Serang tahun 2025 meliputi peningkatan kualitas pelayanan pendidikan bagi masyarakat, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat, pengembangan infrastruktur dasar daerah, dan pembangunan Pusat Pemerintahan Kabupaten Serang yang sesuai dengan kapasitas anggaran daerah. Dilanjutkan dengan percepatan penanggulangan kemiskinan melalui berbagai program, salah satunya melakukan penurunan angka pengangguran, penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik, pengembangan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang lebih mengutamakan sektor pariwisata, pertanian, dan UMKM, serta potensi-potensi yang berhubungan dengan pengembangan industri kreatif yang berada di tengah-tengah masyarakat.

“Selanjutnya, peningkatan ketentraman, keamanan, dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, pemerataan pembangunan antar wilayah (kecamatan), perlindungan, dan pengelolaan lingkungan hidup yang lebih difokuskan kepada penanganan pencemaran lingkungan dan limbah,” papar Tatu.

Sedangkan program prioritas lainnya, sambung Tatu, adalah peningkatan kualitas lingkungan permukiman dan perumahan yang lebih difokuskan kepada pembangunan rumah tidak layak huni, sanitasi lingkungan, dan pengelolaan persampahan secara menyeluruh. “Dilanjutkan dengan peningkatan kemampuan fiskal daerah untuk pendanaan pembangunan, peningkatan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran agama di masyarakat,” urainya.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Serang Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Raperda tentang APBD Tahun Anggaran 2025 dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD, Agus Wahyudiono. Turut hadir para pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemkab Serang.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang, Agus Wahyudiono, mengatakan akan membahas paparan Program Prioritas Pemkab Serang yang disampaikan Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah. “Selanjutnya akan dibahas oleh Tim Badan Anggaran DPRD Kabupaten Serang pada November 2024,” ujarnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *