Sidak Awal Tahun Pj Walikota Serang Ke Pelayanan Publik di Kota Serang

SketsaIndonesia.co.id, Serang – Pj Walikota Serang Yedi Rahmat bersama beberapa Pejabat Kota Serang seperti ASDA II Yudi Suryadi, Inspektur Kota Serang Wachyu, Kabag Umum Setda Kota Serang Iman Setiawan melakukan sidak pelayanan masyarakat Kota Serang di Kantor Disdukcapil pada hari selasa, 2 Januari 2024.

Setelah keliling melihat pelayanan Kantor Disdukcapil Kota Serang, dalam wawancara Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid mengatakan terimakasih atas kunjungan Pj Walikota Serang melihat langsung kondisi pelayanan dan Kantor Disdukcapil, mudah-mudahan ini menjadi daya tarik untuk semangat staf saya sehingga lebih siap dan rajin lagi, perhatian pimpinan terhadap Disdukcapil ini ada”, ucapnya.

Melihat antrian yang panjang dan membludak di pelayanan, beliau mengatakan disebabkan adanya hari libur NATARU yang membuat antrian menumpuk, serta adanya pelayanan di kecamatan rusak selama 2hari sehingga digiring ke sini. Kepala Disdukcapil Kota Serang Dulbarid menambahkan bahwa yang datang gak semuanya mengurus KTP tapi ada juga yang nganter, yang nganter bisa dua tiga orang, ucapnya.

Adapun inovasi atau langkah Disdukcapil Kota Serang untuk mengantisipasi antrian panjang pelayanan, sudah melakukan inovasi jemput bola dan metu tapi sejumlah sekolahan banyak yang libur dan ketika kita ke sekolah mereka ada yang libur, sehingga mereka baru pada bisa ke sini di hari masuk sekolah atau kerja.

Inovasi jemput bola tetap masih akan dilakukan sounding ke sekolah-sekolah.

Dalam capaian program nasional IKD (Identistas Kependudukan Digital), Disdukcapil Kota Serang mengatakan yang sudah mengakses IKD baru sekitar 19 ribu orang sebesar 2,7% dari jumlah penduduk Kota Serang, masih jauh dari target nasional sebesar 25%, “akan tetapi IKD tetap nomor satu bagi kami, mungkin nanti akan beralih ke digital semua pemohon yang antri ke sini harus berbarengan dengan membuat IKD sebagai syarat wajib kepengurusan KTP fisiknya”, ucapnya Dulbarid.

Sedangkan wawancara dengan Pj Walikota Serang Yedi Rahmat mengatakan saya sudah cek langsung kalau pembuatan KTP mudah dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dengan dokumen yang lengkap, dan berharap pelayanan kita lebih baik untuk masyarakat, jangan sampai warga antri sampai jam 2 karena jam 3 udah tutup.

Saat ditanya strategi apa yang akan dilakukan agar tidak antrian membeludak lagi, Yedi Rahmat mengatakan akan membahas teknisnya dengan jajaran Disdukcapil Kota Serang, karna kedepan akan ada perubahan yang butuh biaya pembangunan dan sistem kerja pelayanan harus tepat waktu kalaupun ada yang sakit izin kepada pimpinannya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *