Kepala Kanwil Kemenag Beri Hadiah Kapolda Banten Buku Gus Yaqut

SketsaIndonesia.co.id, Serang – Kepala Kanwil Kemenag Banten, Nanang Fatchurrochman memberikan hadiah berupa buku ‘Gus Yaqut’ kepada Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto.
Pemberian hadiah dilakukan saat Kakanwil Kemenag Banten menghadiri acara peringatan Maulid Nabi 1445 H di Mapolda Banten, Senin 9 Oktober 2023 malam.
Dalam acara tersebut dihadiri Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari, Danrem 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna, Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Kepala Kanwil Kemenkumham Banten Tejo Harwanto, Kapolres beserta jajaran Bhayangkari Daerah Banten dan Tokoh agama Banten.
Acara peringatan Malid Nabi 1445 H di Mapolda Banten diikuti kurang lebih 2.000 personel gabungan Polri, TNI dan elemen masyarakat Banten.
Setelah acara, Kakanwil menyempatkan diri untuk memberikan hadiah kepada Kapolda Banten, Irjen Pol Rudy Heriyanto berupa buku yang berjudul ‘Gus Yaqut’.
Selain ke Kapolda Banten, Kakanwil juga memberikan hadiah yang sama kepada Kapolres Serang Kota, Kombes Pol Sofwan Hermanto.
Diketahui, buku Gus Yaqut ini ditulis dan diterbitkan oleh Tim Ansor Channel yang bekerjasama dengan Rayana Publishing.
Buku Gus Yaqut ini menceritakan tentang sosok Gus Yaqut yang dinilai sebagai tokoh yang getol mengkampanyekan moderasi beragama.
Gus Yaqut merupakan tokoh penegak moderasi beragama yang memiliki gerbong besar, yakni Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan barisan ‘paramiliter’-nya, yang disebut Banser.
Episode Gus Yaqut yang fenomenal tidak hanya saat memimpin GP Ansor. Banyak yang terkejut ketika pada 22 Desember 2020, Presiden Joko Widodo mengangkatnya menjadi Menteri Agama.
Lalu muncul pertanyaan-pertanyaan, kenapa mesti Gus Yaqut yang menjadi Menag, kenapa bukan tokoh agama yang ‘lebih tua’ atau ‘sudah tua’ yang memiliki kematangan usia dan pengalaman serta ‘pengetahuan agama yang mumpuni’.
Namun Presiden Jokowi pasti punya pertimbangan lain, bahwa mungkin situasi saat ini memang membutuhkan Menag sekaliber Gus Yaqut.
Sosok Gus Yaqut adalah sosok yang kaya dengan ide-ide berani untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan NKRI.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *