Gunakan Aplikasi SPION, Pemkot Tangerang Sukses Optimalkan Proses Assesment

SketsaIndonesia.co.id, Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang terus meningkatkan pelayanan penyelenggaraan pendokumentasian hasil dari pelaksanaan assessment para pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang. Salah satunya, melalui optimalisasi penggunaan aplikasi SPION (Sistem Penilaian Individu Online/Assesment Center).

Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Heriyanto menuturkan, aplikasi SPION ini merupakan hasil pemanfaatan teknologi informasi yang dilakukan BKPSDM Kota Tangerang sejak tahun 2021 silam. Berawal dari upaya akselerasi dengan keadaan di tengah pandemi COVID-19 waktu itu, kini aplikasi SPION mampu meningkatkan capaian pelaksanaan dan penyampaian hasil untuk proses assessment para pegawai di lingkungan Pemkot Tangerang.

“Penggunaan aplikasi SPION telah menunjukkan hasil percepatan yang signifikan. Terbukti, sebelum penggunaan aplikasi, setahun hanya bisa mengakomodir kurang dari 300 pegawai, sedangkan, setelah penggunaan aplikasi, setahun bisa mengakomodir lebih dari 600 pegawai,” ujar Kepala BKPSDM, Heriyanto, Kamis, (10/8/23).

Ia melanjutkan, aplikasi SPION ini juga dikembangkan lebih lanjut melalui beberapa fitur yang ada di dalamnya. Seperti, “selection module” yang dapat dimanfaatkan mempercepat assessment untuk mempermudah hasil penilaian, “bank module” yang berisi Kumpulan materi psikometri yang dapat digunakan sesuai dengan keperluan, “tools” yang dapat dimanfaatkan sebagai alat kerja untuk menyusun hasil laporan kegiatan assessment, “evidence” yang dapat dimanfaatkan untuk bukti pekerjaan dalam bentuk dokumentasi pelaksanaan kegiatan untuk pengajuan Penilaian Angka Kredit (PAK), dan “dashboard” untuk mengetahui seberapa banyak kondisi eksisting dalam bentuk rekapan atau grafik.

“Aplikasi SPION ini menggunakan teknologi opensource, sehingga dapat dimanfaatkan dalam bentuk hasil dari pelaksanaan assessment dapat ditampung dalam suatu database yang dapat digunakan kapan pun tanpa menghilangkan tracl record pengawai dan sebagai bahan masukan pimpinan,” tambahnya.

Selain itu, penggunaan aplikasi SPION ini juga telah mendapatkan apresiasi penghargaan yang membanggakan. Lewatnya, BKPSDM Kota Tangerang mendapatkan pengakuan kelayakan penyelenggaraan Penialian Kompetensi oleh Badan Kepegawaian Negara dengan nilai 98.57 atau berkareditasi “A” untuk UPT Penilaian Kompetensi Aparatur yang salah satu indikator penilaiannya berupa sarana prasarana, termasuk aplikasi SPION.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *