Rapat Koordinasi BUMD/BLUD Digelar, Pemkot Tangerang Tingkatkan Cakupan Pelayanan dan Pembangunan

SketsaIndonesia.co.id, Tangerang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berupaya mengoptimalisasi realisasi pembangunan di Kota Tangerang. Salah satunya, Pemkot Tangerang baru saja menggelar Rapat Koordinasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Jumat pagi ini, (28/7/23).

Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Tangerang, Yeti Rohaeti menuturkan, rapat koordinasi ini secara khusus mendatangkan Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI untuk menyampaikan pembinaan, pendalaman, pengembangan, dan konsultasi mengenai proses operasional BUMD dan BLUD di Kota Tangerang. Terlihat, rapat koordinasi ini juga dihadiri jajaran pimpinan BUMD dan BLUD di Kota Tangerang secara lengkap, mulai dari Perumda Tirta Benteng, PD Pasar, PT. TNG, RSUD Kota Tangerang, dsb.

“Rapat koordinasi ini merupakan amanat dari PP. 54 Tahun 2018 terakit kewajiban melakukan pembinaan untuk BUMD dan BLUD yang telah dibentuk sebelumnya. Khususnya, karena sudah berjalan 1 semester, perlu adanya evalusasi, serta koordinasi untuk kinerja kedepannya agar lebih optimal,” ujar Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Yeti Rohaeti, Jumat, (28/7/23).

Ia melanjutkan, rapat koordinasi ini dilakukan untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka mengoptimalisasi bentuk pelayanan umum, meningkatkan pendapatan, serta merealisasikan target-target pelayanan dan pembangunan yang selama ini dicanangkan Pemkot Tangerang. Rapat koordinasi ini juga mendorong tiap BUMD dan BLUD di Kota Tangerang dapat memperluas cakupan pelayanan, meningkatkan fleksibilitas, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), memperluas jaringan, dan terkhusus menyesuaikan tarif sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) terkait retribusi di Kota Tangerang.

“Lewat rapat koordinasi ini, pembinaan dilakukan untuk mendorong tiap BUMD dan BLUD di Kota Tangerang terus berkembang lebih maju sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditentukan,” lanjutnya.

Selepas rapat koordinasi ini digelar, BUMD dan BLUD di Kota Tangerang diharapkan mampu menghasilkan langkah strategis dan inovasi terbaru untuk meningkatkan kinerja selama ini, sehingga mampu memberikan dampak yang signifikan untuk pembangunan di Kota Tangerang.

“Kedepannya, diharapkan tetao fokus tujuan awal dibentuknya BUMD dan BLUD, yakni tetap memprioritaskam pelayanan umum, adanya perbaikan dalam kinerja administrasi, serta juga berdampak meningkatkan profit untuk perekonomian di Kota Tangerang secara signifikan,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *