Bapenda Banten Harapkan Adanya Peningkatan PAD Melalui Pajak Kendaraan

SketsaIndonesia.co.id, Serang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten terus berupaya berinovasi guna mengejar target pendapatan pajak karena sampai saat ini yang masih menjadi sektor andalan penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Banten tersebesar adalah dari sektor Pajak Daerah.

Salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang harus dimaksimalkan adalah pajak daerah. Misalnya, Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan (BBNKB) yang penerimaannya melalui Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).

Meski masih harus ditingkatkan pencapaiannya, dapat dikatakan bahwa PKB dan BBNKB cukup besar dalam memberikan sumbangsih terhadap pajak daerah dan PAD Provinsi Banten.

Menyadari hal itu, Badan pendapatan Daerah provinsi Banten terus gencar melakukan upaya-upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh membayar pajak tahunan tepat pada waktunya.

Upaya-upaya itu dilakukan melalui berbagai program baik dalam bentuk sosialisasi maupun program-program yang bersifat memudahkan pelayanan pajak bagi seluruh wajib pajak.

Adapun program memudahkan pelayanan pajak diantaranya yaitu memperbanyak lokasi pelayanan Samsat Keliling (Samling) dan Online serta mengingatkan wajib pajak dengan mendatangi mobil-mobil yang terparkir di jalan dan menaroh selembaran pemberitahuan di kaca mobil yang telat membayar pajak.

Hal ini diharapkan bisa menjadi metode yang tepat karena mempermudah wajib pajak untuk menunaikan kewajibannya.

Plt.Bapenda Banten,

“Pendapatan daerah penentu bagaimana program pembangunan berjalan, karena itu peran serta masyarakat melalui pembayaran pajak berpengaruh terhadap proses pembangunan di daerah,” ujar Plt. Bapenda Banten, Deni Hermawan.

Masih menurut deni, dengan adanya Samling yang tersebar di sejumlah kecamatan di Provinsi Banten dan Online, bisa membuat akses masyarakat wajib pajak lebih dekat sehingga bisa mendorong tingkat kepatuhan masyarakat dalam membayar pajak setiap tahunnya.

“Saya mengharapkan segenap jajaran tim pembina samsat dapat semakin solid dalam melakukan tugasnya. Saudara semua merupakan garda terdepan dalam peningkatan PAD Provinsi Banten serta peningkatan PKB dan BBNKB,”tegasnya.

Ia pun meminta untuk meningkatkan pelayanan publik yang optimal dan transparan.

“Para wajib pajak adalah masyarakat Banten juga. Perlakukanlah mereka seperti keluarga, karena Banten adalah Rumah Kita dan pada akhirnya pajak yang kita pungut akan digunakan juga untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat sera pemulihan ekonomi rakyat,” tuntasnya.(ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *