Asrama Haji Banten Pertama kali digunakan untuk menyambut kepulangan 384 jemaah haji Kota Tangerang

SketsaIndonesia.co.id, Tangerang – Jemaah haji asal Provinsi Banten selalu berangkat dan pulang melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Pasalnya, sejak Banten berdiri menjadi provinsi pada 4 Oktober tahun 2000 lalu, Provinsi Banten belum memiliki asrama haji sendiri.

Sehingga, mobilitas jemaah Provinsi Banten dirasa tidak efektif, karena harus bolak balik antara Pondok Gede dengan Bandara Soekarno Hatta. Terlebih, bagi mereka para jemaah yang diketahui didominasi para lansia, pola ini dipastikan sangat melelahkan bagi mereka.

Atas dasar tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang bersama Kemenag Provinsi Banten berinisiasi mewujudkan mimpi warga Provinsi Banten, dengan membangun asrama haji. Dimulai dari, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyerahkan lahan seluas 4,1 hektare untuk pembangunan asrama haji di Jalan KH Hasyim Ashari, Kelurahan Cipondoh, Kecamatan Cipondoh.

Melalui proses Panjang, akhirnya penyerahan sertifikat tanah berhasil dilakukan Wali Kota Tangerang dengan Kepala Kemenag Banten, pada 30 Agustus 2022 lalu, di Serang, Banten.

Asrama haji impian warga Provinsi Banten diberi nama Hotel Grand El Hajj Asrama Haji Cipondoh, yang dibangun berstandar hotel bintang tiga. Dalam prosesnya Asrama Haji Cipondoh dibangun dalam tiga tahap, dengan tiga tower. Tahun 2022, dimana diketahui telah dibangun pembangunan pertama atau tower pertama, dengan tiga lantai berkapasitas 120 kamar dengan ruangan atau fasilitas pelengkap lainnya.

Saat ini, di 2023 Asrama Haji Cipondoh akan memasuki pembangunan tahap kedua, dengan rencana berlantai tujuh. Direncanakan pembangunan Asrama Haji Cipondoh akan rampung pada pembangunan tahap tiga atau tower tiga pada 2023 dengan berlantai tujuh.

Beriringan dengan proses tersebut, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengusulkan kepada Kemenag untuk simulasi kepulangan haji asal Kota Tangerang 2023 ini, berlangsung di Asrama Haji Cipondoh. Untuk ini, Pemkot Tangerang pun membantu proses pembangunan akses jalan.

Alhasil, tower pertama Grand El Hajj Cipondoh, untuk pertama kalinya telah digunakan untuk menyambut kepulangan 384 jemaah haji Kota Tangerang tahun 2023, pada Rabu (5/7).

Momen tersebut menjadi pemandangan yang penuh bahagia dan haru seluruh pihak. Pasalnya, Penantian masyarakat Banten hampir 23 tahun lamanya akhirnya dapat terwujud dengan asrama haji di kota Tangerang.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *