Dinkes Banten Dorong Pemerataan SDM Dokter Spesialis Hingga Non Spesialis Di Puskesmas

SketsaIndonesia.co.id, Tangerang – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten terus mendorong pemerataan pelayanan Kesehatan di delapan kabupaten/kota, termasuk diantaranya pemerataan terkait sumber daya manusia (SDM) kesehatan baik itu dokter spesialis hingga dokter non spesialis di fasilitas Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengungkapkan hal tersebut sebagai upaya pemerintah dalam peningkatan layanan Kesehatan bagi masyarakat. Oleh karenanya dalam gelaran rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) tingkat Provinsi Banten tahun 2023 di Harison Grand Serpong, Kota Tangerang, Rabu (8/3/2023) tersebut pihaknya mendorong adanya pemerataan layanan kesehatan, salah satunya dengan mendorong penyebaran fasilitas kesehatan untuk wilayah Barat dan Selatan Provinsi Banten.

“Sehingga diharapkan dapat mewujudkan pemerataan dalam memberikan akses terhadap pelayanan kesehatan,” kata Ati.

Ati menjelaskan, Rakerkesda tingkat Provinsi Banten dilakukan dalam rangka salah satu upaya meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi beberapa hal kedepannya yang berkaitan dengan kesehatan, mulai dari penyakit menular dan tidak menular.

“Kami juga mendorong dalam upaya penyelesaian dan pemerataan terkait sumber daya manusia (SDM) kesehatan baik itu dokter spesialis hingga dokter non spesialis di fasilitas Puskesmas,” jelasnya.

“Oleh karenanya untuk bisa menjawab tantangan permasalahan tersebut, kita harus mengharmonisasikan dari peran geraknya Provinsi dengan gerak Kabupaten/Kota dan seluruh peran penta-helix,” sambungnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar berharap dengan dilaksanakannya Rakerkesda tingkat Provinsi Banten tahun 2023 bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dapat dijadikan sebagai dasar formulasi kebijakan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

“Kalau itu kita pikirkan bersama dan diskusikan bersama, maka kita berharap pendekatan yang akan kita lakukan pada akhirnya, baik itu dalam formulasi perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban akan semakin baik,” ucap Muktabar.

Dikatakan Muktabar, dalam memberikan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah telah melakukan beberapa pendekatan, diantarannya melalui Program Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan lainnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus melakukan beberapa hal pada sektor kesehatan. Yakni melakukan pendekatan secara preventif untuk pencegahan, kuratif untuk melakukan tindakan penyembuhan serta pendekatan secara promotive untuk mengajak masyarakat agar dapat menerapkan pola hidup sehat.

“Pada dasarnya kesehatan ini adalah tanggung jawab kita bersama,” katanya.

Dengan hal tersebut, Al Muktabar juga mengajak semua pihak untuk dapat bersama-sama dan berperan dalam percepatan pembangunan di Provinsi Banten, diantaranya pada sektor kesehatan.

“Diharapkan kita dapat terus kompak dalam melakukan agenda yang sifatnya gotong royong. Karena kita dapat meyakini bahwa dengan kita kompak, kita dapat melakukannya dengan mudah,” pungkasnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *